Tips untuk Sukses dalam Pelaksanaan Ibadah Qurban

Selain Harga, Lakukan 4 Hal Ini dalam Membeli Qurban

Ibadah qurban merupakan ibadah yang sifatnya sunnah muaakkad. Anda dapat melakukannya jika sudah berusia baligh dan sudah memiliki kemampuan untuk membeli kambing qurban. Anda bisa menyiapkan diri untuk melakukan qurban sebaik mungkin agar ibadah qurban bisa berjalan dengan sukses. Berikut Tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Menyiapkan Tabungan Qurban

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membuat tabungan qurban. Tabungan ini merupakan simpanan uang yang dilakukan berasal dari pendapatan Anda dan tidak dibelanjakan. Anda dapat melakukan tabungan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki setiap bulannya. Anda bisa menargetkan dari jumlah pendapatan setiap bulan.

Cara mudahnya bisa Anda lakukan dengan menentukan harga hewan qurban yang akan dibeli dan membaginya sesuai dengan waktu yang tersedia. Anda dapat membuat tabungan qurban secara mandiri di rumah yang akan dikontrol oleh istri.

Bagi Anda yang belum menikah atau ingin menyimpannya sendiri, Anda bisa menyimpannya di dalam celengan. Anda juga bisa membuat tabungan qurban dalam bentuk arisan sesama tetangga atau rekan kerja yang tentunya dapat dipercaya.

  1. Menentukan Tempat Pembelian Hewan Qurban

Sambil melakukan tabungan qurban, Anda bisa menentukan tempat pembelian hewan qurban yang akan dituju. Pilihannya terdiri dari pasar hewan, peternak, dan online. Jika Anda membeli langsung di pasar hewan yang hanya ada di kota tertentu maka Anda harus menyediakan waktu untuk perjalanan pulang pergi.

Sebelum pergi ke pasar hewan Anda harus memahami oknum yang akan Anda temui di pasar hewan. Di antaranya, pedagang hewan ternak, makelar, tukang tarik, dan tukang angkutan. Anda harus membawa teman atau orang yang lebih paham agar tidak termakan omongan makelar yang merupakan pihak perantara penjualan hewan qurban dengan harga yang tentu lebih mahal.

Tips untuk Sukses dalam Pelaksanaan Ibadah Qurban

Pasar hewan juga akan membuat Anda memiliki risiko mengalami kehilangan hewan qurban yang dibeli jika tidak hati-hati. Hal ini mengingat kondisi pasar yang ramai dan riuh sehingga setelah selesai membeli Anda harus memberikan tanda pada hewan tersebut.

Jika Anda membeli langsung ke peternak maka Anda harus sangat teliti agar mendapatkan hewan qurban yang sehat. Anda bisa melihat dari kondisi kandang dan makanan yang diberikan. Lihat dengan teliti kebersihan hewan ternak tersebut dan tidak mengalami cacat pada tubuhnya. Jika Anda kenal dengan peternak maka bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Selanjutnya dengan melakukan pembelian secara online. Anda bisa mendapatkan hewan qurban yang sesuai dengan syarat sah hewan qurban dengan melakukan pembelian pada pedagang online yang terpercaya. Anda bisa melihatnya dari testimoni dan dari dokumentasi qurban pada tahun sebelumnya. Membeli hewan qurban secara online tidak akan memakan waktu banyak.

  1. Menentukan Tempat Qurban

Setelah tabungan qurban Anda mencukupi dan telah menentukan tempat pembelian hewan qurban yang sesuai dengan syarat sahnya. Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya dengan memilih tempat untuk pelaksanaan ibadah qurban.

Anda bisa memilih akan melakukannya di masjid, di instansi atau lembaga tertentu, dan bisa juga dengan memilih qurban secara online. Apa pun tempat yang menjadi pilihan, Anda harus melakukan pertimbangan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Kambing qurban dapat Anda beli satu bulan sebelum hari Idul Adha jika tabungan sudah mencukupi dan bisa segera mendaftarkan diri untuk qurban. Jika tabungan Anda berlebih maka Anda bisa membelinya dengan bobot yang lebih berat dan itu lebih baik dalam melakukan ibadah qurban.

Leave a Reply