Tips Hiking Bagi Pemula

Tips Hiking Bagi Pemula

Hiking atau yang bisa disebut dengan perjalanan panjang yang dilakukan diluar ruangan ini menjadi salah satu kegiatan yang cukup banyak dilakukan saat ini. Biasanya hiking diartikan sebagai kegiatan untuk mendaki gunung dengan jalur yang sudah tersedia sebelumnya. Meskipun lebih ringan dibandingkan dengan kegiatan tracking. Namun, aktivitas ini dinilai cukup berat bagi seorang pendaki pemula. Untuk itu, berikut ada tips hiking bagi pemula yang harus anda perhatikan.

Sebagai seorang pemula, umumnya mereka sangat antusias dalam melakukan kegiatan seru seperti ini. Penting untuk diingat, jika kegiatan pendakian tidak semudah yang anda bayangkan. Apalagi jika lokasi yang anda pilih merupakan pegunungan dengan jalur curam dan ekstim. Beberapa hal mesti diperhatikan, termasuk kebutuhan anda sebelum kegiatan berlangsung. Berikut tips hiking yang harus anda perhatikan terutama bagi pendaki pemula.

  1. Siapkan Fisik dan Mental Anda

Fisik merupakan hal penting yang harus disiapkan sebelum pendakian dilaksanakan. Saat fisik drop tentu kegiatan semacam ini tidak bisa berjalan dengan maksimal. Apalagi jika hal tersebut terjadi di saat anda sudah memalui separuh dari perjalanan pendakian. Tentu sangat repot bukan? Sebagai seorang pendaki pemula kesehatan fisik tentu sangat penting untuk dijaga. Mengingat kegiatan ini baru anda lakukan untuk yang pertama kalinya.

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan fisik tetap fit sebelum aktivitas pendakian dimulai. Mislanya saja seperti olahraga, jaga pola makan, istirahan cukup dan lain sebagainya. Selain, mempersiapkan kesehatan fisik. Mental juga penting untuk dipersiapkan. Hal ini untuk menjaga kondisi anda tetap stabil sebelum, saat dan sesudah pendakian berlangsung. Jadi kedua hal ini memang harus anda persiapkan dengan baik.

  1. Lakukan Olahraga Ringan 1 Bulan Sebelum Pendakian

Karena aktivitas hiking dilakukan dengan jarak yang tidak sebentar, maka olahraga sangat dibutuhkan sebelum anda benar-benar menjalani aktivitas outdoor yang satu ini. Olahraga bisa melatih keseimbangan tubuh anda saat melakukan pendakian. Selain itu, olahraga juga dapat melenturkan otot-otot tubuh sehingga lebih ringan saat digunakan untuk melakukan perjalanan dalam lintasan yang terjal ataupun naik.

Sebelum hiking dilaksanan miniman anda bisa melakukan olahraga ringan 1 bulan sebelumnya. Hal seperti ini umumnya masih banyak dilakukan oleh para pendaki profesional sekalipun. Karena selain untuk menjaga kondisi tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda sebelum melakukan pendakian nanti.

  1. Siapkan Perlengkapan Mendaki dengan Lengkap

Selain melakukan dua persiapan di atas, perlengkapan mendaki gunung juga harus anda siapkan secara detail. Umumnya kondisi di area pegunungan sangat berbeda dengan kondisi anda saat ini. Perubahan cuaca yang sangat cepat menjadi salah satu kondisi yang selalu anda temui saat melakukan pendakian gunung. Untuk itu, berbagai perlengkapan harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan anda seperti jaket gunung.

Salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa adalah sepatu gunung dan jaket gunung. Dua perlengkapan ini begitu wajib karena memiliki fungsi untuk melindungi tubuh saat pendakian berlangsung. Selain perlengkapan tersebut anda tinggal menyesuaikan perlengkapan lain sesuai dengan kebutuhan pendakian anda. Misalnya saja seperti tenda, slepping bag, matras, senter, lampu, sarung tangan, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Aktivitas hiking atau mendaki gunung memang dapat dilakukan siapa saja. Namun, yang paling penting anda harus mempersiapkan segala kebutuhan sebelum hiking dilaksanakan. Termasuk kondisi fisik maupun perlengkapan wajib yang harus anda bawa selama aktivitas dilakukan. Selain itu, perhatikan beberapa hal penting lainnya agar aktivitas hiking bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply