Berikut Beragam Manfaat Medical Check Up yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Medical Check Up

Medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh untuk memeriksa penyakit atau gangguan yang mengganggu kesehatan sehingga dapat diketahui sejak awal dan diminimalisir sejak awal. Hal ini akan mengurangi dampak dari penyakit yang masuk dalam tubuh. Kegunaan pemeriksaan ini adalah supaya memberikan penanganan lebih awal jika terdapat penyakit yang ditemukan dan mendorong pasien untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Pemeriksaan kesehatan dilakukan tidak harus saat sedang berada dalam kondisi kesehatan yang buruk karena setiap perubahan dalam tubuh dapat dikurangi resiko penyakitnya dengan mengetahui hasil dari pemeriksaan kesehatan.

Berikut adalah persiapan yang dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan diantaranya:

  • Perhatikan keluhan yang dirasakan atau hal yang tidak semestinya dirasakan seperti perubahan bentuk tubuh, siklus haid, perubahan kulit dan lainnya yang perlu disampaikan kepada dokter.
  • Sebaiknya tidak meremehkan gejala pusing, lelah, tidak nafsu makan dan lainnya yang membuat tubuh menjadi tidak semangat karena akan memberikan perubahan pada kondisi kesehatan.
  • Jika terdapat gejala susah tidur, gelisah, ataupun depresi dan stress dapat disampaikan kepada dokter.
  • Perlu mengetahui riwayat penyakit keluarga yang memungkinkan diturunkan pada pasien dan sebaiknya disampaikan pada dokter untuk mengurangi resiko menderita penyakit tersebut.
  • Sebaiknya memeriksa kembali jadwal kesehatan dengan melakukan pemeriksaan untuk mammogram, skrining dan papsmerar atau vaksinasi.
  • Memperhatikan obat yang dikonsumsi selama masa penyembuhan dan sampaikan pada dokter berbagai perkembangan yang dirasakan setelah melakukan penanganan.
  • Beberapa pemeriksaan mengharuskan pasien untuk berpuasa 8-12 jam terutama untuk pemeriksaan kolesterol dan gula.

Kondisi yang mengharuskan seseorang melakukan medical check up seperti untuk pemeriksaan berkala yang dilakukan tanpa terkecuali oleh anak-anak, orang dewasa baik pria dan wanita. Pemantauan penyakit jika sudah di diagnosis menderita suatu penyakit apakah penyakit sudah membaik atau semakin buruk. Diperlukan jika memiliki rencana menikah yang memiliki tujuan untuk mengetahui kelainan yang dapat mengganggu perkembangan janin saat hamil, hal ini juga dapat dijadikan sebagai penanganan kepada pasangan yang belum memiliki momongan dan program ini akan membantu. Pemeriksaan kesehatan sering juga digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar pada jenjang pendidikan tertentu.

Manfaat pemeriksaan kesehatan adalah:

  • Mendeteksi penyakit sejak awal sehingga dapat mengambil langkah untuk mengetahui faktor dan resiko yang dapat terjadi.
  • Deteksi awal akan mengurangi dampak penyakit yang semakin memburuk dan membuat kondisi kesehatan tubuh terus menurun.
  • Dapat mengurangi biaya kesehatan dalam waktu yang panjang karena penyakit tidak dibiarkan parah dan sudah ditangani sejak awal.
  • Selalu melakukan update data kesehatan sehingga jika terjadi perubahan maka dokter dapat melakukan tindakan penanganan selanjutnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan dengan menjawab pertanyaan dokter lalu melakukan pemeriksaan tanda vital seperti denyut jantung, pernapasan, suhu tubuh dan juga tekanan darah. Pemeriksaan fisik oleh dokter dengan menggunakan otoskop dan stetoskop dan bagian tubuh yang mengalami infeksi. Pemeriksaan penunjang lainnya adalah pemeriksaan laboratorium dengan sampel darah atau urin, melakukan pemeriksaan rontgen dan USG, dan pemeriksaan EKG untuk jantung.

Ketika melakukan medical check up maka sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan membatasi makanan berlemak dan instan. Pasien juga perlu melakukan aktifitas fisik seperti olahraga yang dapat dilakukan 150 menit setiap minggunya dengan beberapa olahraga ringan dan berhenti merokok. Beberapa pemeriksaan yang menggunakan pencitraan membuat tubuh terpapar radiasi yang membuat dampak tertentu kepada tubuh walaupun demikian secara umum pemeriksaan kesehatan memberikan banyak keuntungan.

Leave a Reply