Keindahan Pulau Dodola

Pulau dodola adalah salah satu destinasi wisata baru. Sebenarnya pulau ini sudah lama namun memang baru terkenal bagi dunia pariwisata Indonesia. Pulau dodola ini terletak di timur Indonesia tepatnya pada kabupaten pulau morotai, provinsi maluku utara. Pulau dodola memiliki dua buah pulau yaitu dodola besar dan dodola kecil. Keduanya akan menjadi satu ketika air surut, namun apabila pasang maka ia akan terpisah. Itu adalah salah satu keunikan pulau dodola yang menambah nilai kecantikannya. Pulau dodola masih sangat jernih karena belum tersentuh oleh tangan tangan nakan (semoga tidak) dan pulau ini juga dikelola dengan baik oleh pihak setempat. Pulau dodola kini sedang gencar gencarnya dipromosikan dengan target pasar pariwisata dunia. By the way sudah banyak loh artis Indonesia yang berlibur ke pulau ini.

Ada apa aja sih yang ada disana?

Layaknya pulau lainnya, pulau dodola mengandalkan pantai yang ia miliki. Bedanya pulau ini dengan pulau lainnya adalah pulau dodola memiliki pasir yang sangat halus. Selain itu juga kejernihan airnya membuatnya cocok untuk dijadikan spot snorkeling maupun diving. Karena pulau ini dikelilingi oleh pulau pulau kecil lainnya, sehingga pulau ini memiliki ombak yang sangat kecil bahkan bisa dikatakan sangat tenang. Meskipun ia hanya pulau kecil, tetapi di pulau ini anda bisa menemukan permainan air seperti banana boat dan juga jet ski (tenang saja standar safetynya juga tidak main main kok, karena ditangani langsung oleh dinas pariwisata). Bagi anda yang ingin merasakan kenyamanan pulau ini lebih lama, anda bisa menyewa cottage yang mana satu cottage terdiri dari 2 kamar yang cukup besar dan ruang tamu juga teras. Cottagenya berbentuk rumah panggung loh, cocok buat foto foto ala ala gitu. Selain cottage, disana juga disediakan makanan loh yang buka 24 jam dengan menu autentik asli daerah tersebut.

Rute Menuju Dodola

Dodola tidak terletak pada pulau utama kabupaten pulau morotai. Namun anda tidak perlu khawatir karena akses menuju pulau ini lancar kok. Anda bisa menuju pulau dodola melalui pulau morotai ataupun melalui pulau tobelo. Ini bisa anda tempuh menggunakan kapal ferry, speed boat atau perahu bermesin. Berikut ini detailnya apabila anda dari luar maluku utara.

  1. Jakarta – (3 jam 40 menit menggunakan pesawat) – ternate – (45 menit menggunakan speedboat) – sofifi – (2 hingga 3 jam menggunakan mobil) – tobelo – (3 jam menggunakan speedboat) – pulau dodola.
  2. Jakarta – (3 jam 40 menit menggunakan pesawat) – ternate – (45 menit menggunakan speedboat) – sofifi – (2 hingga 3 jam menggunakan mobil) – tobelo – (3 jam menggunakan kapal ferry) – morotai – (20 hingga 30 menit) – pulau dodola.
  3. Jakarta – (3 jam 40 menit menggunakan pesawat) – ternate – (1 malam menggunakan kapal) –morotai – (20 hingga 30 menit menggunakan spead boat atau perahu) – pulau dodola.
  4. Jakarta – (3 jam 40 menit menggunakan pesawat) – ternate – (45 hingga 1 jam menggunakan pesawat*) – morotai – (20 hingga 30 menit) – pulau dodola.

Begitulah beberapa alternative untuk mencapai pulau dodola. Jika anda ingin murah maka tempuhlah perjalanan yang jauh, jika anda tidak ingin capek maka anda bisa memilih pilihan nomor 4. Tentunya dengan budget yang sedik mahal. Tetapi percayalah ketika tiba disana anda akan menemukan salah satu surge dunia yang meneduhkan hati. Sekian

Leave a Reply