5 Pose Yoga untuk Ibu Hamil Guna Melatih Kekuatan Panggul

Pose Yoga untuk Ibu Hamil Guna Melatih Kekuatan Panggul

Saat hamil, perubahan hormon tak jarang akan membuat Anda merasa mual, pusing, lelah bahkan sakit dan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Salah satunya adalah bagian panggul. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melakukan gerakan yoga untuk ibu hamil. Selain untuk mengurangi rasa nyari pada bagian panggul Anda, ada manfaat lain dari yoga.

Walaupun secara otomatis saat melahirkan nanti Anda akan dibantu berbagai hormon yang mempersiapkan proses persalinan, Anda tetap perlu berolahraga. Olahraga yang salah satunya adalah yoga ini berguna untuk meregangkan area panggul Anda sepanjang masa kehamilan. Lalu, pose yoga apa saja yang baik untuk ibu hamil guna melatih kekuatan panggulnya?

1. Easy Pose (Sukhasana)

Salah satu pose yoga yang bisa dilakukan ibu hamil adalah easy pose. Seperti namanya, pose ini adalah yang paling mudah dilatih serta bisa dilakukan kapan saja. Meski begitu, tak semua orang bisa melakukannya, lho! Terutama bagi mereka yang memiliki otot kaku. Pose ini bisa Anda lakukan setiap hari sambil melatih pernapasan dan menyelarasakan pikiran dan tubuh.

Manfaat dari melakukan pose ini adalah membuat otot panggul Anda lebih terbuka. Selain itu, tulang punggung Anda juga akan memanjang. Masih ada manfaat lain yakni membuka area dada serta meningkatkan fokus, keseimbangan dan ketenangan diri yang akan membuat Anda lebih rileks saat jelang proses kelahiran bayi.

2. Child Pose (Balasana)

Untuk melakukan Child pose ini, Anda cukup mengambil posisi tubuh dan condongkan badan ke depan. Paha dan kepala Anda harus menyentuh lantai. Selain itu, Anda juga harus menjulurkan tangan ke depan dan menahannya selama beberapa saat. Lakukanlah gerakan ini sembari menutup mata dan menarik napas dalam-dalam dan menahannya sebentar.

Manfaat dari gerakan ini adalah posisi ini bisa membuka area panggul dan paha dalam serta meregangkan tulang kelangkang. Dengan melakukan posisi ini secara teratur, akan mampu membantu Anda melepas rasa tegang dan stres serta bisa memberikan rasa tenang. Saat melakukan pose ini, mintalah pasangan untuk memijat area punggung Anda, ya!

3. Butterfly Pose (Baddha Konasana)

Pose yoga untuk ibu hamil selanjutnya yang baik dilakukan ibu hamil karena bisa menguatkan tulang panggul adalah butterfly pose. Cara melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu duduk bersila dengan posisi punggung yang tegak. Lalu, pertemukanlah kedua telapak kaki Anda di bagian depan dan dorong lutut Anda hingga menyentuh lantai.

Bila sudah, tahanlah posisi ini selama beberapa saat. Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah bisa membuka area panggul dan paha dalam serta meningkatkan asupan oksigen pada plasenta bayi. Selain itu, gerakan ini juga bisa membantu mengarahkan bayi Anda agar turun ke area pelvis sehingga membantu mempersiapkan proses persalinan.

4. Wide Angle Seated Forward Bend (Upavitha Konasana)

Lalu ada Wide Angle Seated Forward Bend, gerakan ini sangat baik untuk dilakukan apalagi bila Anda sudah merasakan beban yang berat yang sering membuat rasa sakit di pinggang. Posisi ini sangat membantu dalam membuka panggul dan tulang kelangkang. Selain itu, dengan melakukan pose ini, rasa tegang pada punggung, pinggang serta paha berkurang.

5. Cresent Lunge (Anjeneyasana)

Lalu ada Cresent Lunge. Pose ini merupakan latihan yoga yang memerlukan gerakan yang dinamis. Anda bisa melakukannya selama hamil karena cukup aman meskipun yoga ini cukup menantang.

Manfaat dari melakukan pose ini adalah untuk membuka panggul dan mempersiapkannya untuk kelahiran bayi. Pose ini juga akan membantu bayi bergerak ke arah pelvis yang berguna untuk persiapan persalinan. Pose ini juga akan memberikan ruang pada bayi untuk melakukan posisi rotasi internal dan mampu membantu pembukaan lebih cepat saat kontraksi sedang terjadi.

Selain melakukan yoga untuk ibu hamil, Anda seharusnya juga mempersiapkan hal lainnya untuk bayi Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi dan gisi yang baik dan cukup selama masa kehamilan. Nah, Anda bisa memilih mengonsumsi Enfamama A+ yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil guna menunjang kebutuhan nutrisinya.

Leave a Reply